Tujuan pembelajaran adalah perilaku hasil belajar yang diharapkan
terjadi, dimiliki, atau dikuasai oleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan
belajar mengajar. Dengan kata lain, tujuan pembelajaran merupakan arah yang
hendak dituju dari rangkaian aktivitas pembelajaran. Maka, tujuan pembelajaran
dirumuskan dalam bentuk perilaku kompetensi spesifik, aktual, dan terukur.
Tujuan pembelajaran mengacu pada kompetensi dasar yang hendak harus dicapai
dalam pembelajaran. Di samping itu, tujuan pembelajaran dijadikan acuan dalam
pemilihan jenis materi, strategi, metode, dan media pembelajaran yang akan
digunakan dalam proses pembelajaran.
Terdapat empat unsur pokok dalam perumusan tujuan pembelajaran,
diantaranya :
1. Audience
Secara bahasa audience berarti
pendengar. Dalam konteks pembelajaran yang dimaksud audience adalah
siswa. Audience merupakan
subjek sekaligus objek dalam pembelajaran. Maka, dalam tujuan pembelajaran
harus menempatkan siswa sebagai subjek sekaligus objek dalam pembelajaran.
2. Behavior
Behavior adalah
tingkah laku atau aktivitas suatu proses. Dalam konteks pembelajaran, behavior nampak
pada aktivitas siswa dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, pembelajaran tanpa
adanya tingkah laku atau aktivitas dari siswa tidak mungkin dilakukan. Dalam perumusan
tujuan pembelajaran gambaran behavior aktivitas
siswa ditulis menggunakan kata kerja operasional seperti: menyimak,
menyebutkan, membedakan, menjelaskan, dan masih banyak lagi. Penggunaan kata
kerja operasional dalam suatu tujuan pembelajaran tidak boleh lebih dari satu.
Artinya dalam sebuah aktivitas pembelajaran, siswa tidak boleh melakukan lebih
dari satu perbuatan. Maka, siswa harus fokus pada satu perbuatan agar
pembelajaran lebih optimal.
3. Condition
Condition atau
kondisi diartikan sebagai suatu keadaan. Dalam konteks pembelajaran,condition adalah
keadaan siswa sebelum dan sesudah melakukan aktivitas pembelajaran, serta
persyaratan yang perlu dipenuhi agar perilaku yang diharapkan dapat tercapai.
Dalam perumusan tujuan pembelajaran, condition ditulis
dalam bentuk kata kerja. Kata kerja yang dimaksud adalah aktivitas yang harus
dilakukan siswa agar tercapai suatu perubahan perilaku yang diharapkan.
4. Degree
Dalam konteks ini degree berarti
suatu perbandingan. Hal ini dimaksudkan untuk membandingkan kondisi sebelum dan
setelah belajar. Degree juga
merupakan tingkat penampilan yang dapat dilakukan oleh siswa setelah melalui
suatu rangkaian proses pembelajaran. Tingkat degree bergantung
pada bobot materi yang akan disajikan, serta sejauh mana siswa harus menguasai
suatu materi atau menunjukan suatu tingkah laku.
Berikut merupakan contoh dari tujuan pembelajaran yang baik dan
benar:
Dengan mengamati contoh, siswa dapat membaca teks deskriptif tentang benda hidup dan tak hidup dengan lancar.
condition audience behavior degree
Melalui pengamatan, siswa dapat menyebutkan ciri-ciri benda padat dan cair minimal tiga.
condition audience behavior degree
Siswa dapat menyebutkan bunyi sila ke-2 dengan benar, setelah membaca teks pancasila.
audience behavior degree condition
Play online casino site【VIP】in with a $50 free bonus
BalasHapusNo deposit bonuses · Win Real money · Casino games at home · No matter the online casino they play luckyclub.live or play they don't usually offer you a free bonus!