Mulai tahun 2017, kurikulum
2013 telah resmi diberlakukan secara Nasional. Meski begitu, masih banyak
sekolah atau guru yang belum memahami apa itu kurikulum 2013. Apalagi, K13 ini
sudah direvisi. Berbagai perubahan telah dilakukan, demi menyesuaikan proses
pendidikan agar menjadi lebih baik.
Perubahan kurikulum 2013 ini
sangat penting untuk diketahui oleh semua guru. Hasil revisi kurikulum 2013
yang terjadi salah satunya pada perangkat pembelajaran guru.
Apa saja perubahannya. nah, berdasarkan
informasi yang kami kutip dari salah posting di forum guru indonesia, berikut
adalah hasil pelatihan revisi kurikulum 2013 yang perlu disampaikan kepada
seluruh guru di indonesia.
1. 9
Perubahan Kurikulum 2013 Tahun 2017
- Nama
kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional tapi tetap *Kurikulum 2013
Edisi Revisi* yang berlaku secara Nasional.
- Penilaian
sikap KI 1 dan KI 2 sudah ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya agama dan
ppkn namun *KI tetap dicantumkankan dalam penulisan RPP*.
- Jika ada 2 *nilai
praktik* dalam 1 KD , maka yang diambil adalah nilai yang tertinggi.
Penghitungan *nilai ketrampilan* dalam 1 KD ditotal (praktek, produk,
portofolio) dan diambil nilai rata2. untuk pengetahuan, bobot penilaian harian,
dan penilaian akhir semester itu sama.
- Pendekatan
scientific 5M bukanlah satu2 nya metode saat mengajar dan apabila digunakan
maka susunannya tidak harus berurutan.
- *Silabus
kurtilas* edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom. Yaitu *KD, materi
pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran*.
- Perubahan
*terminologi* ulangan harian menjadi *penilaian harian*, uas menjadi *penilaian
akhir semester* untuk semester 1 dan *penilaian akhir tahun* untuk semester 2.
Dan sudah tidak ada lagi uts, langsung ke penilaian akhir semester.
- *Dalam RPP*,
tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan *materi
dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian* (jika ada).
- *Skala
penilaian* menjadi *1-100*. *Penilaian sikap* diberikan dalam bentuk - *predikat dan deskripsi*.
- Remedial
diberikan untuk yang kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran
ulang. Nilai Remedial adalah nilai yang dicantumkan dalam hasil.
Adapun Salah satu hasil Bimtek Kurikulum Nasional yang
akan diberlakukan tahun pelajaran baru adalah guru harus memiliki Kelengkapan
berikut :
2. BUKU
KERJA GURU
A. BUKU
KERJA 1 :
1. SKL, KI,
dan KD
2. Silabus
3. RPP
4. KKM
B. BUKU
KERJA 2 :
1. Kode Etik
Guru
2. Ikrar
Guru
3. Tata
Tertib Guru
4.
Pembiasaan Guru
5. Kalender
Pendidikan
6. Alokasi
Waktu
7. Program
Tahunan
8. Program
Semester
9. Jurnal
Agenda Guru
C. BUKU
KERJA 3 :
1. Daftar
Hadir
2. Daftar
Nilai
3. Penilaian
Akhlak/Kepr
4. Analisis
Hasil Ulangan
5. Progpel
Perbaikan & Pengayaan
6. Daftar
buku Pegawai Guru/Siswa
7. Jadwal
Mengajar
8. Daya
Serap Siswa
9. Kumpulan
Kisi soal
10. Kumpulan
Soal
11. Analisis
Butir Soal
12.
Perbaikan Soal
D. BUKU
KERJA 4 :
1. Daftar
Evaluasi Diri Kerja Guru
2. Program
Tindak Lanjut Kerja Guru
Perubahan k13 yang penting
untuk dibaca oleh bapak dan ibu pada tahun 2017 adalah berikut ini : Daftar
Perubahan Istilah Dalam Kurikulum 2013 Terbaru dan Pedoman Penilaian Tahun
2017/2018 - LIHAT DISINI
Update
Informasi Kurikulum 2013 tahun 2017
poin penting atau penejelasan
singkat Perbedaan RPP K13 Edisi Revisi 2017 Dengan RPP K13 Revisi 2016.
Kurikulum 2013 sekarang sudah direvisi lagi untuk tahun 2017. Revisi K13 Tahun
2017 tidak terlalu signifikan, namun perubahan di fokuskan untuk meningkatkan
hubungan atau keterkaitan antara kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar
(KD).
Sedangkan dalam Penyusunan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 revisi 2017, yang dibuat harus
muncul empat macam hal yaitu; PPK, Literasi, 4C, dan HOTS sehingga perlu
kreatifitas guru dalam meramunya.
Perbaikan atau revisi
Kurikulum 2013 tahun 2017 Adalah sebagai berikut :
Mengintergrasikan Penguatan
Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat
terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan
integritas. Mengintegrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan
4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
Mengintegrasikan HOTS (Higher
Order Thinking Skill). Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam,
memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan
karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang.
link
0 komentar:
Posting Komentar