Taksonomi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah klasifikasi bidang ilmu; kaidah dan prinsip yang meliputi pengklasifikasian objek. Taksonomi untuk tujuan pendidikan adalah kategorisasi tujuan pendidikan yang digunakan untuk merumuskan tujuan kurikulum dan tujuan pembelajaran.
Taksonomi Bloom merujuk kepada taksonomi yang dibuat untuk tujuan pendidikan. Taksonomi ini pertama kali dirancang oleh Benjamin S. Bloom pada tahun 1956. Menurut Bloom, tujuan pendidikan dibagi menjadi beberapa domain dan setiap ranah atau domain tersebut dibagi kembali ke dalam pembagian yang lebih rinci berdasarkan hirarkinya.
Tujuan pendidikan dibagi ke dalam 3 domain, yaitu:
1. Kognitif, berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek intelektual, seperti pengetahuan, pengertian, dan keterampilan berpikir.
2. Afektif, berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi, seperti minat, sikap, apresiasi, dan cara penyesuaian diri.
3. Psikomotor, berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik seperti tulisan tangan, mengetik, berenang, dan mengoperasikan mesin.
1. Kognitif, berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek intelektual, seperti pengetahuan, pengertian, dan keterampilan berpikir.
2. Afektif, berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi, seperti minat, sikap, apresiasi, dan cara penyesuaian diri.
3. Psikomotor, berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik seperti tulisan tangan, mengetik, berenang, dan mengoperasikan mesin.
Bapak pendidikan kita, Ki Hajar Dewantoro pun menggambarkan hal yang sama dalam ungkapan cipta, rasa, dan karsa. Atau ada juga yang menyebutnya dengan: penalaran, penghayatan, dan pengamalan.
Taksonomi merupakan kriteria yang digunakan oleh Guru untuk mengevaluasi mutu dan efektivitas pembelajarannya. Dalam setiap aspek taksonomi terkandung kata kerja operasional yang menggambarkan bentuk perilaku yang ingin dicapai melalui suatu pembelajaran. Kata kerja operasional diperlukan oleh Guru saat menyusun silabus dan RPP.
Berikut ini adalah contoh kata kerja operasional dari masing-masing ranah.
1.) RanahKognitif (ANDERSON, L.W. danKrathwohl, D.R. : 2001)
Taksonomi
Bloom Lama
|
C1
Pengetahuan
|
C2
(Pemahaman)
|
C3
(Aplikasi)
|
C4
(Analisis)
|
C5
(Sintesis)
|
C6
(Evaluasi)
|
Taksonomi
Bloom Revisi
|
C1
(Mengingat)
|
C2
(Memahami)
|
C3
(Mengaplikasikan)
|
C4
(Menganalisis)
|
C5
(Mengevaluasi)
|
C6
(Mencipta)
|
Mengingat
(remember)
|
Memahami
(Understad)
|
Mengaplikasikan
(Apply)
|
Menganalisis
(Analyze)
|
Mengevaluasi
(Evaluate)
|
Mencipta
(Create)
|
Mengutip
Menebitkan
Menjelaskan
Memasangkan
Membaca
Menamai
Meninjau
Mentabulasi
Memberikode
Menulis
Menytakan
Menunjukkan
Mendaftar
Menggambar
Membilang
Mengidentifikasi
Menghafal
Mencatat
Meniru
|
Memperkirakan
Menceritajan
Merinci
Megubah
Memperluas
Menjabarkan
Mencontohkan
Mengemukakan
Menggali
Mengubah
Menghitung
Menguraikan
Mempertahankan
Mengartikan
Menerangkan
Menafsirkan
Memprediksi
Melaporkan
Membedakan
|
Mengaskan
Menentukan
Menerapkan
Memodifikasi
Membangun
Mencegah
Melatih
Menyelidiki
Memproses
Memecahkan
Melakukan
Mensimulasikan
Mengurutkan
Membiasakan
Mengklasifikasi
Menyesuaikan
Menjalankan
Mengoperasikan
Meramalkan
|
Memecahkan
Menegaskan
Meganalisis
Menimpulkan
Menjelajah
Mengaitkan
Mentransfer
Mengedit
Menemukan
Menyeleksi
Mengoreksi
Mendeteksi
Menelaah
Mengukur
Membangunkan
Merasionalkan
Mendiagnosis
Memfokuskan
Memadukan
|
Membandingkan
Menilai
Mengarahkan
Mengukur
Meangkum
Mendukung
Memilih
Memproyeksikan
Mengkritik
Mengarahkan
Memutukan
Memisahkan
menimbang
|
Mengumpulkan
Mengatur
Erancang
Membuat
Merearasi
Memperjelas
Mengarang
Menyususn
Mengode
Mengkombinasikan
Memfasilitasi
Mengkonstruksi
Merumuskan
Menghubungkan
Menciptakan
menampilkan
|
A1
Menerima
|
A2
Merspon
|
A3
Menghargai
|
A4
Mengorganisaikan
Menghayati
|
A5
Karakterisasi /
Menurut Nilai mengamalkan
|
Mengikuti
Menganut
Mematuhi
Meminati
|
Menyenangi
Menyambut
Mendukung
Maporkan
Memilih
Menampilkan
Menyetujui
Mengatakan
|
Mengsumsikan
Meykinkan
Memperjelas
Menekankan
Menyumbang
Mengimani
|
Mengubah
Menata
Membangun
Membentukpendapat
Memadukan
Mengelola
Merembuk
Menegoisasi
|
Membiasakan
Mengubahperilaku
Berakhlakmulia
Melayani
Membuktikan
Memecahkan
|
3) Ranah Psikomotorik
P1
Meniru
|
P2
Manipulasi
|
P3
Presisi
|
P4
Artikulasi
|
P5
Naturalisasi
|
Menyalin
Mengikuti
Mereplikasi
Mengulangi
Mematuhi
Mengaktifkan
Menyesuaikan
Menggabungkan
Melamar
Mengatur
Mengumpulkan
Menimbang
Memperkecil
Membangun
Mengubah
Membersihkan
Memposisikan
Mengkonstruksi
|
Kembalimembuat
Membangun
Melakukan
Melaksanakan
Menerapkan
Mengoreksi
Mendemonstrasikan
Merancang
Memilah
Melatih
Memperbaiki
Mengidentifikasikan
Mengisi
Menempatkan
Membuat
Memanipulasi
Mereparasi
Mencampur
|
Menunjukkan
Melengkapi
Menyempurnakan
Mengkalibrasi
Mengendalikan
Mengalihkan
Menggantikan
Memutar
Mengirim
Memindahkan
Mendorong
Menarik
Memproduksi
Mencampur
Mengoperasikan
Mengemas
Membungkus
|
Membangun
Mengatasi
Menggabungkan
Beradaptasi
Memodifikasi
Merumuskan
Mengalihkan
Mempertajam
Membentuk
Memadankan
Menggunakan
Memulai
Menyetir
Menjelaskan
Menempel
Menskestsa
Mendengarkan
Menimbang
|
Mendesain
Menentukan
Mengelola
|
JTV Newsroom
BalasHapusJTV Newsroom is the home for 성남 출장마사지 the latest entertainment news, features 경상남도 출장마사지 & 세종특별자치 출장마사지 news from 춘천 출장안마 J.T. G.C.. View the 밀양 출장샵 full schedule.JT. G.C.